TIPS MENGISI BENSIN PERTAMINA
SPBU
Pertamina Pemerintah & SPBU Pertamina Swasta
Selama ini kita mengenal SPBU
Pertamina itu milik Pemerintah. Tapi tahukah anda kalo SPBU Pertamina
itu juga ada yang dikelola oleh pihak swasta. Lohh yup,
beneran. Dari sekian ribu SPBU yang ada di Indonesia, yang bener2 dikelola
oleh Pertamina sendiri hanya berjumlah 59 SPBU…!!! (sumber Pertamina
Retail)
Ada 3 tipe SPBU Pertamina
yaitu :
1. COCO (Corporate Owned
Corporate Operated)
2. DODO (Dealer Owned Dealer Operated)
3. CODO (Company Owned Dealer Operated)
2. DODO (Dealer Owned Dealer Operated)
3. CODO (Company Owned Dealer Operated)
Nah yang COCO itu adalah SPBU murni
milik Pertamina sedangkan yang lainnya adalah swasta. Pasti akan timbul
pertanyaan bagaimana mengenali SPBU COCO punya Pertamina ? cara mengenalinya
adalah dengan melihat nomor SPBU. Perhatikan dua digit angka di depan. Digit
pertama menunjukkan region sedangkan digit kedua adalah status SPBU tersebut
apakah COCO, DODO ato CODO.
SPBU COCO Pertamina punya ciri khas
pada angka digit kedua dengan kode angka “1″ sedangkan yang swasta angka “4″.
Misalnya SPBU nomor 31.129.02 (angka pertama menunjukkan
region Jakarta / Jawa Barat sedangkan digit kedua angka “1″ yang
berarti bahwa SPBU tersebut milik Pertamina). Lihat gambar di bawah ini :
Contoh SPBU yang dikelola langsung
oleh Pertamina, terlihat dari nomor SPBU digit kedua angkanya "1"
Contoh SPBU Pertamina yang dikelola
oleh swasta, bisa dilihat dari nomor SPBU dimana digit kedua berupa angka
"4"
Unit SPBU Pertamina di bawah COCO
menjadi patokan tolak ukur & model pelayanan SPBU Pertamina karena memang
bener2 dimiliki & dikelola langsung oleh Pertamina. Pengawasan (SOP)
ketat serta standar pelayanan kepada konsumen yang ditetapkan oleh Pertamina
menjadikannya sebagai contoh bagi SPBU2 lainnya (CODO &
DODO). Rekan saya mengatakan kalo ngisi bensin sebaiknya di SPBU yang
milik Pertamina karena quality control-nya cukup bagus.
Maka, apakah hanya SPBU tersebut yang
pasti jujur, mengisi bensin dengan takaran yang pas? Pertamina telah
meluncurkan program "Pasti Pas" beberapa waktu lalu. Harapannya, pom-pom
yang mau ikut bekerja sama juga mengembangkan kejujuran.
Tentu agak repot bila harus memilih SPBU dengan kode 31, tidak semua wilayah ada. Artinya, harus mencari jauh dan rela antri panjang.
Tentu agak repot bila harus memilih SPBU dengan kode 31, tidak semua wilayah ada. Artinya, harus mencari jauh dan rela antri panjang.
Pertamina telah membuka layananan keluhan bagi konsumen yang ingin melaporkan kecurangan pihak SPBU. Kita bisa e-mail ke pcc@pertamina.com misalnya.
Jadi, beruntung kalau kamu bisa mendapatkan SPBU kode 31. Tapi kalau tidak, isi di SPBU pengelolaan swasta juga tak masalah. Tak memuaskan tinggal laporkan saja agar ditindak.
Apa lagi yang perlu diperhatikan saat mengisi bensin?
Jadi, beruntung kalau kamu bisa mendapatkan SPBU kode 31. Tapi kalau tidak, isi di SPBU pengelolaan swasta juga tak masalah. Tak memuaskan tinggal laporkan saja agar ditindak.
Apa lagi yang perlu diperhatikan saat mengisi bensin?
Tips Mengisi Bensin
Sebenarnya tips ini berlaku pada mesin-mesin pengisian yang baru. Kalau kamu di daerah terpencil dan ada mesin SPBU tua, ya tetap harus ditekan-tekan tuasnya (handle) karena ada gap (ruang hampa) antara cairan bensin dan udara pada mesin.
umumnya SPBU sekarang memakai mesin
baru jadi memang seharusnya seorang petugas pengisian TIDAK BOLEH
menekan-nekan handle saat sedang mengisi. Ini bukti kecurangan yang
harus ditegur atau dilaporkan pada Pertamina.
Catatan: Berbahagialah bagi yang mengisi bensin di Self Service SPBU, alias mengisi sendiri.
2. Selalu isi "full"
Kalau isi bensin jangan sebut berapa liter atau jumlah duitnya. Misalnya 10 liter atau 50 ribu. Tapi bilang saja isi penuh sambil perhatikan mesin penunjuk, bila dirasa sudah sesuai yang kita inginkan langsung bilang stop."
Oknum yang curang sering mengakali mesin (selain teknik manual menekan tuas selang). Sehingga akan terjadi selisih saat petugas menekan tombol "harga" atau "liter" dengan takaran murni.
Tak heran, mereka sering sibuk "membongkar" mesin bila dapat informasi ada inspeksi dari pihak Pertamina. Atau yang paling parah, bukan mengembalikan mesin ke kondisi yang tepat seperti setting awal, tapi malah membelikan "dompet" pada petugas inspeksi yang nakal.
3. Isi bensin yang baik pagi hari. Bensin belum menguap?
Benarkah demikian? Ya pada SPBU-SPBU tua. Namun pada SPBU yang baru, sudah dilengkapi katup khusus untuk meminimalisir penguapan pada tangki pendam. Selain dirancang khusus agar suhu terjaga.
Penguapan pasti terjadi, namun sangat-sangat kecil dan tidak berdampak besar pada konsumen. Siapa yang bisa mengira kita butuh bensin hanya pagi hari? Setidaknya ada sisi positif. Mengisi bensi di pagi hari menandakan kita rajin bangun pagi, atau mengamankan stok bensin pada kendaraan sebelum mulai aktifitas.
@M.Chaidir